Kiat sukses dengan ikan gurame

Di artikel ini akan menyambung artikel yang sebelumnya di budidaya ikan lele
berbeda dengan ikan lele, ikan gurame mempunyai teknik budidaya agak berbeda karena langkah_langkahnya sampai ke pemanenan cukup lama,tapi bagi kalian yang ingin mempunyai penghasilan jangka panjang ini salah satu pemasukan yang cukup menghasilkan.
        Kita mulai saja tahapan_tahapannya,
Buat kolam 10m_10m dengan ketinggian mencapai 1m untuk bibit 500 ikan gurame, di ikan gurame perbandingan pakan dengan bobot ikan 2kg = 1kg bobot ikan gurame dan kematian ikan dibawah 10%.
Pertama_tama isi air kolam 80cm dan diberikan kapur dolomit 200gram untuk 1m persegi dan garam secukupnya gunanya untuk meningkatkan ph air kolam serta membunuh bakteri_bakteri yang merugikan selama 7 hari, dan baru bisa kita tebar bibit ikan gurame dengan ukuran sebesar wadah korek api.
         pakan yang digunakan untuk ikan gurame kandungan proteinnya cukup 25% saja atau bisa dengan 781,
Ikan gurame cukup mudah untuk selingan pakan kita bisa beri dia daun talas, azolla,serta daun pepaya.
Yang paling penting adalah selalu rutin setiap 1 bulan sekali kita tebar garam secukupnya( seperti budidaya ikan lele) ikan gurame butuh kesabaran karna jangka panennya bisa 6 bulan sampai 10 bulan atau lebih tergantung pemberian pakannya tapi jangan khawatir omzet yang kita dapatkan bisa membuat kesabaran kita terbayarkan dengan 1 kali pemanenan.