Omzet lele sangkuriang yang menggiurkan

Budidaya ikan lele sangkuriang memiliki tahapan_tahapan dari mulai pembuatan kolam,obat herbal buat lele, pemberian dan takaran pakan, dan yang terakhir pemanenan ikan lele
Di tahap pertama saya akan menjelaskan
Pembuatan kolam,
Untuk pemula buat kolam ukuran 5m_2m untuk 1000 bibit lele dengan ketinggian kolam 1m.
Tahap kedua pembuatan obat herbal. Ramuannya siapkan
1. 10 lembar daun sirih
2. 10 lembar daun daun jambu biji
3.  5 lembar daun pepaya
4. 2 buah mengkudu/pace
5. 5 batang rumput meniran
6. 10 liter air bersih
Semua bahan ini kita rebus sampai mendidih, kemudian kita saring rebusan air tadi dan kita taruh diwadah yang tertutup rapat kita biarkan sampai 7 hari, tapi jangan lupa setiap 1 hari sekali kita aduk dan tutup rapat supaya fermentasi berjalan baik.
Untuk takaran penggunaan dikolam lele 5m_2m. Kita ambil 1 gelas air fermentasi tadi ditambah garam 4 sdm lalu ditaburkan dikolam dan jangan lupa kita siapkan kotoran kambing yang dibungkus dengan karung goni gunanya untuk menumbuhkan plankton kita taruh dikolam gunanya untuk menyuburkan ph kolam, serta obat herbal yang kita buat tadi untuk menetralis kolam serta pencegahan penyakit, biarkan selam seminggu lalu kita ambil karung yang kita taruh dikolam. Karna setelah satu minggu kolam sudah berwarna hijau tanda sudah banyak plankton yang menguntungkan dan tidak berbau, tanda siap ditebar bibit ikan lele sangkuriang sedapat mungkin tebar bibit dibawah jam 9 pagi dan pilih bibit yang sebesar jari kelingking.
Tahap ketiga takaran pemberian pakan kita pilih menggunakan teknik felling kita beri pakan ke ikan lele dengan kira_kira kalau ikan lele sudah tidak memperubtan pakan kita sudahi pemberiannya, karna menurut pengalaman saya teknik ini paling efektif. Untuk jadwal pemberian pakannya yaitu jam 9 pagi, jam 5 sore, dan jam 9 malam. Jenis pakan yang saya gunakan untuk ikan lele bibit 1000 ekor saya memakai 781_1 30kg, trus ganti 781_2 30kg, disambung lagi 781_3 30kg.
Tahap terakhir pemanenan
Sebelum menyambung ke pemanenan saya ingin membeei tau bahwa dalam budidaya ikan lele kita harus cerdas untuk sikulasi air, harus selalu rutin 1 minggu sekali air ditambah dengan air yang baru dengan tujuan pencegahan penyakit, terutama pada musim hujan selesai hujan minimal kita tambah air baru atan langkah lain ditebar garam 2 sdm untuk menjaga ph kolam supaya tidak berubah_ubah secara drastis. Dalam waktu 2 bulan/sehabisnya pakan kita lakukan pemanenan dengan angka kematian ikan cukup rendah/tidak mengkhawatirkan. Sekian penjelasan singkat dalam budidaya ikan lele sangkuriang semoga ini bisa menjadi panduan ringkas dalam budidaya anda yang tertarik di bidang perikanan. Salam sahabat woles men, hidup itu indah jika kita tau cara untuk menikmatinya!!!