Pakan Organik Ikan Gurame Agara Cepat Besar dan Berbobot

pakan organik ikan gurame

Memberi pakan organik ikan gurame agar cepat besar secara rutin dapat mempercepat panen ikan gurame, selain itu cukup untuk menghemat biaya pakan selama masa pembesaran berlangsung.

Ikan gurame termasuk ikan yang pertumbuhanya sangat lambat, butuh waktu 8-9 bulan dari masa tebar benih hingga panen. Namun dengan memberi asupan Gizi yang cukup dalam pakan dapat mempercepat pertumbuhan dengan bobot di atas rata-rata.

Berikut beberapa jenis pakan organik yang dapat mempercepat pertumbuhan ikan gurame :

1. Pakan Dari Tumbuhan

Banyak sekali tumbuhan yang dapat kita manfaatkan untuk menjadi bahan pakan ikan gurame, contohnya seperti daun pepaya, daun lompong atau talas, daun sente, daun lamtoro, bisa juga dengan daun pisang dan gedebok pisang yang di cincang.

Ada juga yang berasal dari tumbuhan paku yaitu Azolla Michrophylla, yang bisa kalian dapat di sungai-sungai atau rawa, tumbuhan ini biasanya mengapung di atas air. Tidak hanya dari tumbuhan hijau, rumput kering yang di fermentasi juga bisa menjadi pakan ikan gurame dengan cara mencampurnya dengan EM4.

2. Pakan Dari Hewan


  • Ikan teri, ikan rucah, dan juga ikan lainnya.
  • Bekicot, keong, dan juga siput
  • Limbah ikan, limbah udang dan juga limbah industri basah.
  • Cacing tanah, belalang dan juga hewan kecil lainnya.
Cara membuat pakan ikan gurame dari hewan adalah dengan memecah cangkangnya dan mengambil dagingnya, atau dapat dilakukan dengan merebus dalam air selama 15-20 menit.  Setelah itu keong atau bekicot dipotong-potong lalu dimasukkan dalam gilingan daging.  Persentase yang digunakan sekitar 5-10 kg/100 kg pelet yang dibuat.


Untuk merekatkan campuran bahan baku yang digunakan menjadi bentuk pelet kita memerlukan bahan yang mengandung kanji, seperti tapioka, tepung jagung, tepung beras, atau tepung terigu.  Bahan yang paling murah sudah tentu tapioka atau limbah industri tapioka.  Bahan-bahan ini sudah berbentuk tepung sehingga mudah menggunakannya.  Agar dapat berfungsi sebagai perekat maka bahan yang mengandung kanji perlu dicampur dengan air panas.  Jumlah yang diperlukan bisa mencapai 25-30 kg/100 kg pelet.

Tips Pemberian Pakan

Anda juga dapat menerapkan makanan sebagai berikut. Sekitar umur 10 hari anda dapat memberi dedek halus dan kuning pada telur. Kemudian umur 10 hari sampai 1,5 bulan  bisa rayap ular semut.

Sedangkan  1,5-3,5 bulan dapat diberikan hewani dan daun-daunan. Untuk 3,5 sampai 8 bulan diberikan tumbuhan air. Dan 8-12 bulan diberikan daun-daunan dan  pelet.

Terakhir jika lebih dari 12 bulan tetap daun-daunan dan pelet.  Untuk makanan ikan gurame biar cepat besar anda dapat memberikan juga enzim komplek kira-kira sebanyak kira-kira sebanyak 2 % dari pakan pabrik.

Demikian artikel tentang pakan organik ikan gurame ini saya buat mungkin akan lebih jelasnya jika kalian berkomentar untuk pertanyaan yang belum ada di penjelasan di atas.

0 Response to "Pakan Organik Ikan Gurame Agara Cepat Besar dan Berbobot"

Post a Comment