Cara Membuat Form di HTML

Form sederhana di dalam Blogger

Penggunaan Form HTML itu hanya berupa interface yang berfungsi untuk mengumpulkan data data dari user. Jadi sebuah Form HTML itu memerlukan sebuah script yang berbasis serverside seperti PHP, atau ASP untuk memproses form tersebut lalu disimpan ke dalam database seperti MySQL. Supaya bisa lebih memahaminya nanti akan saya bahas di Tutorial Belajar PHP MYSQL.

Ada beberapa tag dasar yang akan kita gunakan untuk Membuat Form di HTML, yaitu tag form, input, textarea, select dan option.

Mengenal Tag form

1. Tag input

Tag input merupakan tag yang sering digunakan didalam form html dan memiliki banyak bentuk, seperti isian text biasa, text password, text email, checkbox, radio bahkan tombol submit dan reset, semuanya adalah bentuk tag input. Tag input merupakan tag yang sering digunakan didalam form html dan memiliki banyak bentuk, seperti isian text biasa, text password, text email, checkbox, radio bahkan tombol submit dan reset, semuanya adalah bentuk tag input.
syntax Penggunaan
input type=”text”
Digunakan untuk membuat inputan text biasa, seperti untuk inputan nama, username, atau text input yang pendek.
input type=”password”
Bentuk tampilannya sama seperti type text, tetapi text yang diinputkan tidak akan terlihat, maka setiap inputan akan tampil berupa symbol bintang atau bulatan bulatan.
input type=”checkbok”
Sesuai dengan namanya checkbox merupakan sebuah inputan yang berbentuk box dan nantinya bisa di ceklist atau di centang oleh user. User bisa memilih atau tidak memilih checkbox ini. Type checkbox ini memiliki atribut khusus yaitu checked jika ditulis atau diisi dengan nilai checked, maka checkbox akan otomatis langsung terpilih pada saat halaman pertama kali dijalankan.
input type=”radio”
Hampir mirip seperti checkbox, tetapi user nantinya hanya bisa memilih salah satu di antara pilih group radio. Inputan radio ini biasanya digunakan untuk inputan jenis kelamin.
input type=”submit”
Akan menampilkan sebuah tombol yang berfungsi untuk memproses form. Input Submit ini memiliki sebuah atribut value yang berfungsi untuk membuat sebuah text didalam tombol submit tersebut.

2. Tag "textarea"

Pada dasarnya Tag Textarea ini sama seperti tag input type text, namun bentuknya lebih besar. Tag textarea ini memiliki 2 atribut yang penting yaitu atribut rows dan cols yang berfungsi untuk mengatur panjang dan banyak baris text yang bisa dimasukan kedalam textarea tersebut.

3. Tag "select"

Sesuai dengan namanya Tag select digunakan untuk inputan yang telah tersediakan nilainya, sama halnya seperti tag input type radio namun berbeda tampilannya. Tag select digunakan bersama dengan tag option yang berfungsi untuk membuat pilihannya.

4. Tag "buttom"

tag terahir yang bernama buttom adalah sebuah tombol yang berfungsi memproses data yang sudah di isi di dalam form, dengan mengklik tombol buttom itu artinya kita mengirim data ke dalam databas.

Contoh form di dalam HTML


0 Response to "Cara Membuat Form di HTML"

Post a Comment