5 Macam Pakan Alternatif Ikan Lele Sangkuriang Selain Pelet

Untuk pakan alternatif atau juga buatan sebagai selingan pakan ikan lele sangkuriang pengganti pelet banyak sekali pakan alami yang disediakan di alam ini, bermacam-macam tumbuhan yang bisa digunakan sebagai pengganti pakan pelet ikan lele sangkuriang yang sahabat pelihara. 
pakan alternatif ikan lele sangkuriang
Kenapa kita perlu membuat atau memberi pakan alternatif pada ikan lele yang kita pelihara, banyak sekali faktor yang mempengaruhi terutama dari segi biaya yang kita keluarkan untuk pakan jika hanya mengandalkan pakan dari pelet tentunya kita harus membutuhkan modal yang cukup besar, maka dari itu banyak sekali peternak ikan lele yang memilih pakan alternatif sebagai pengganti pelet untuk lele yang mereka pelihara.

Lalu apa saja pakan alternatif  yang baik untuk ikan lele sangkuriang

Berikut ini 5 macam jenis pakan alternatif untuk ikan lele sangkurinag dan juga penjelasannya :

     1. Daun Pepaya

Didalam daun pepaya terdapat sejumlah protein yang lumayan bila kita berikan untuk ikan lele yang dibudidayakan, dan daun pepaya juga bisa juga sekaligus sebagai obat untuk ikan lele sangkuriang yang sahabat pelihara.

     2. Azolla

Salah satu tumbuhan paku yang satu ini memang memiliki banyak sekali protein nabati yang terkandung, jadi bila sahabat budidaya ikan lele sangkuriang ini bisa menjadi alternatif selingan pakan ikan lele sangkuriang yang sahabat pelihara kalau sahabat tau azolla juga bisa buat pakan ternak loh seperti, unggas, ayam, bebek,dll.

     3. Daun lompong 

Daun lompong atau yang lebih dikenal daun talas, ini bisa menjadi salah satu selingan pakan untuk budidaya ikan lele sangkuriang, caranya bisa langsung diberikan dikolam lele/bisa kita rebus dulu sebelumnya setelah direbus baru kita berikan kekolam lele.

     4. Keong Mas

Keong mas merupakan pakan selingan yang baik diantara pakan-pakan selingan yang lainnya karna menurut saya pribadi ikan lele sangkuring lebih menyukai protein hewani daripada nabati, jika sahabat shka kesawah ini bisa menjadi alternatif pakan yang bagus, tapi perlu diingat kalau sahabat mau mencoba keong mas usahakan direbis dulu ya biar tidak ada penyakit-penyakit yang dikandungnya.
Baca Juga : Kiat Sukses Dengan Ikan Gurame

      5. Bekatul

Bekatul atau juga disebut dengan dedek bisa menjadi salah satu pakan alternatif untuk ikan lele sangkuriang, bekatul itu sendiri merupakan kulit padi terluar yang sudak di giling halus dan terpisah dari isinya. bekatul bisa kita dapat dengan mudah dan dengan harga yang cukup murah juga.


Itu tadi beberapa jenis pakan alternatif untuk selingan budidaya ikan lele sangkuriang, jika sahabat mau mencobanya diusahakan telaten ya dan jangan terlalu sering memberikannya dijatah 1 minggu sekali atau 3 hari sekali, sekian penjelasan dari kami mengenai pakan selingan untuk budidaya ikan lele sangkuriang semoga artikel ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi panduan biat sahabat wolesmen yang suka budidaya ikan lele sangkuriang.