Tips Paling Mudah Jualan Online Untuk Pemula Hingga Sukses

tips mudah jualan online

Bisnis online saat ini merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan mulai dari jualan online, Publisher, Affiliate Marketing, dan masih banyak lagi. Ketertarikan akan dunia bisnis online tidak lain dan tidak bukan adalah lantaran dapat menghasilkan hingga ratusan juta, dan bisnis yang saat ini banyak peminatnya adalah dengan jualan online. mulai dari menjual produk daganganya sendiri atau juga menjual produk orang lain secara online.

Banyak orang yang sekarang sudah mulai terjun dalam bisnis online apalagi dalam hal jual beli secara online, orang yang awalnya hanya berjualan offline pun saat ini sudah banyak yang lebih fokus ke jualan secara online. Hal ini di karenakan jualan secara online lebih irit modal ketimbang harus memiliki toko sendiri atau pun menyewa toko. Dengan hanyak duduk di rumah saja Anda dapat menjaring puluhan hingga ratusan pembeli sekaligus.

Dengan begitu banyaknya kemudahan tentunya Anda juga akan tertarik, dan alasan anda bisa sampai membaca artikel ini adalah anda ingi mencari cara untuk memulainya kan?
Jika Anda tidak tertarik atau bingung ingin bisnis apa, ini salah satu bisnis yang cocok untuk Anda | Wirausaha Menjanjikan

Sebelum Anda memulai jualan online atau membangun toko online, sabaiknya anda pahami dulu strategi apa saja yang harus anda lakukan dan saya ingatkan sebelum Anda memilih terjun ke bisnis ini Anda juga harus tahu semakin banyaknya peminat dalam bisnis akan semakin banyak pula persaingan yang akan terjadi. Maka sebaiknya Anda ketahui poin-poin penting sebelum memulainya, dan saya akan berkan tips mudah untuk memulai.
Baca Juga :Situs Penghasil Uang Terbaru

1. Tentukan Strategi Jualan Anda

Sama seperti bisnis lainya, untuk berjualan secara online, Anda perlu menentukan strategi dan melakukanya. Ini termasuk semacam struktur bisnis Anda - apakah Anda hanya online (hanya menjual melalui situs atau hanya melalui sosial media) atau apakah Anda juga memiliki toko fisik.
  • Memilih Toko Online yang Tepat
Banyak sekali toko online yang saat ini tersedia dan memberikan fasilitas secara gratis bagi anda yang ingin memulai jualan online seperti, Tokopedia, Bukalapak, OLX, DLL. Atau juga Anda juga bisa membuat toko online sendiri.
Atau Anda ingin jualan online lewat sosial media semacam Facebook, Instagram, Twitter, Line, BBM, dan juag Whatsapp pun bisa.
  • Memilih Produk yang Akan di Jual
Anda juga harus memutuskan berbagai produk yang akan Anda jual. Apakah Anda mengkhususkan pada satu produk (seperti elektronik contohnya) atau apakah Anda menjual berbagai macam barang?

Dalam menentukan produk mana yang akan Anda pilih, Anda harus mengetahui mana yang akan mendapat peluang besar dalam keuntungan dan juga kemudahan menjual atau mendapat barang tersebut. Pikirkan juga ukuran barang yang akan Anda pilih.
Saran saya mungkin Anda bisa memilih produk atau barang yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda
  • Menghitung Modal yang di Perlukan
Meski jualan online itu gratis bukan berarti Anda tidak butuh modal sama sekali. Katakanlah produk atau barang yang akan anda jual adalah hasil karya anda sendiri, tetap itu membutuhkan modal bukan? - dan terlebih lagi untuk jualan online anda harus mempunyai sebuah perangkat yang dapat mengakses internet misalnya anda menggunakan Smartphone, laptop, atau yang lainnya itu juga termasuk modal yang harus Anda hitung. Jadi pertimbangkan dan hitung secara matang modal yang akan anda keluarkan untuk bisnis ini, akan lebih baik jika modal bisa anda minimalisir karna akan dapat keuntungan lebih banyak.
  • Memilih Jasa Pengiriman
Bisnis jualan secara online pastinya Anda akan mendapat pelanggan atau pembeli tidak hanya dalam satu kota bisa jadi dari luar kota ataupun luar pulau, dan tidak mungkin kan pembeli anda yang jauh akan anda antar sendiri barang yang mereka beli. Tentunya anda membutuhkan sebuah jasa pengiriman. Dalam hal ini anda harus tahu jasa pengiriman mana yang paling cepat, dan pastinya sesuai dengan jasa yang di minta coustumer Anda.

2. Analisa Pasar

tips mudah jualan online

Setelah Anda menentukan Produk dan lain sebagainya untuk memulai Jualan langkah selanjutnya adalah Anda harus menganalisis seberapa potensinya produk yang Anda jual, kendala dan juga kesulitan yang akan Anda alami. Hal ini akan membantu Anda untuk mengetahui seberapa besar minat pembeli terhadap produk Anda di pasaran dan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pesaing anda nantinya.
Untuk memulai analisa sebaiknya anda harus tahu beberapa hal yang harus anda pahami:

i. Konsumen

Memilih konsumen yang saya maksud adalah mengetahui siapa yang akan membeli produk Anda. Contohnya jika anda menjual kosmetik pasti pembeli Anda adalah seorang wanita bisa itu wanita muda atau ibu-ibu rumah tangga. Analisa konsumen ini bertujuan untuk membantu Anda agar produk yang Anda jual lebih terarah ke konsumen yang benar-benar berminat untuk membeli produk Anda.

ii. Persaingan Harga

Analisa harga untuk menentukan berapa harga produk yang akan Anda jual. Ini membantu anda untuk mengetahui persaingan harga produk Anda dalam pasaran, seberapa besar pembeli anda sanggup membayar dan tentunya menghindari persaingan harga yang tidak sehat.

iii. Mengetahui Kualitas Barang

Jika Anda ingin memulai dengan produk atau barang yang di jual dari hasil produksi orang lain, Anda harus mengetahui produk dari mana yang paling berkualitas baik. Ini bertujuan untuk menjaga kepuasan pelanggan Anda.

3. Membentuk Kualitas

Membentuk kualitas yang saya maksud adalah kelebihan dan juga pembeda dari pesaing Anda. setelah anda menganalisa pasaran Anda akan mengetahui apa saja kekurangn pesaing Anda, Ini bisa Anda maksimalkan untuk membuat Toko online atau produk yang Anda jual lebih bagus dari pasa pesaing anda. tujuan dari membentuk kualitas adalah mendapat kepuasan pelanggan dan mendapat pelanggan tetap dan tentunya untuk memenangkan persaingan dalam pemasaran.
Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk membentuk kualitas bagus dalam jualan online

- Menjual produk Asli
- Memberikan pelayanan yang baik
- Proses yang mudah dan cepat
- Memberikan fasilitas untuk komplain atau sekedar bertanya

4. Memulai Bisnis Jualan Online

Setelah semua tips Anda lakukan dengan benar itu artinya Anda siap dan sudah memiliki bekal yang cukup untuk memulai jualan secara online. Untuk memulai bukan berarti Anda harus langsung menjual dengan skala yang besar, cobalah memulai dengan skala yang kecil. Itu untuk membantu Anda lebih memahami kendala yang akan Anda dapat. Dan akan membantu Anda lebih profesional dalam membangun Toko online.
Jualan online Anda bisa di mulai dari promosi produk yang anda jual di media sosial atau menyebarkan pesan singkat kepada teman-teman, atau juga dengan menggunakan jasa pengiklan yang banyak tersedia di internet.


Dalam bisnis jualan online untung dan rugi itu pasti ada, sama seperti anda jualan secara langsung atau offline, jadi bagi Anda yang masih pemula sebaiknya lebih sering-sering lah berinteraksi dengan penjual yang lainya meski itu pesaing Anda.