20 Ide Usaha yang Menguntungkan di Kota Kecil & Desa


Saat ini bisnis atau usaha tidak terbatas pada kota besar saja tetapi kota kecil dan daerah pedesaan juga. Ada banyak ruang lingkup di area ini untuk memiliki bisnis yang sukses dan itulah sebabnya bisnis di kota-kota kecil dan daerah pedesaan sedang meningkat saat ini.

Di sini kita akan membahas 20 ide bisnis kecil paling menguntungkan untuk daerah pedesaan dan kota kecil yang akan bertahan pada tahun 2020.

1. Usaha Pengolahan Air Minum

Ini adalah ide bisnis besar serta kebutuhan bagi orang-orang yang tinggal di kota-kota kecil dan daerah pedesaan. Bisnis ini membutuhkan investasi menengah atau modal yang tidak terlalu banyak, tetapi hasilnya juga sama baiknya. Dibutuhkan tenaga kerja jika Anda tidak mampu mengelolanya sendiri, dibutuhkan peralatan, instalasi, tempat, dan terlebih lagi airnya harus bersih dan murni ketika dipasok ke masyarakat.

Anda dapat menjadi pemasok air minum dalam kemasan untuk masyarakat yang harganya cukup terjangkau. Karena itu, ini adalah bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang.

2. Toko Ponsel (HP) dan Aksesori

Ponsel ada di mana-mana dan tidak terkecuali daerah pedesaan dan kota kecil dan sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Karena itu, memiliki bisnis di ponsel dan aksesori adalah ide yang cemerlang. Investasi kurang karena Anda hanya dapat menyimpan barang-barang yang laku dan memiliki permintaan di daerah tersebut. Anda dapat memulai bisnis ini dengan mudah dengan investasi yang sangat rendah, yang Anda butuhkan adalah toko yang tepat di lokasi yang baik dan kontak pemasok di kota terdekat.

Casing telepon, earphone, baterai ponsel, dll. Adalah ide aksesori yang bagus. Mengembalikan modal dan mencari untuk di bisnis ini memang memerlukan waktu yang cukup lama, jadi siapkan uang cadangan untuk kebutuhan lainya. Ini adalah ide bisnis yang ideal untuk desa dan kota kecil.

3. Toko Pupuk dan Benih

Salah satu bisnis umum yang benar-benar identik di daerah pedesaan dan kota-kota kecil adalah toko pupuk dan benih. Petani selalu membutuhkan kedua hal ini dan jika Anda memberikan subsidi, bisnis Anda sudah siap berjalan.

Bisnis ini membutuhkan modal yang lumayan untuk memulai. Penghasilan dari bisnis cukup lumayan dan akan semakin bertahan untuk jangka panjang.

4. Pertanian organik

Orang-orang di kota-kota besar tergila-gila pada makanan organik karena makanan ini bebas dari pestisida, insektisida, dan segala bentuk bahan kimia berbahaya. Buah dan sayuran ditanam dalam proses alami dan bebas dari racun kimia. Namun mereka memiliki masalah di bagian lahan yang sangat sulit didapat jika di kota besar. Karena itu, pertanian organik di daerah pedesaan adalah ide bisnis yang bagus.

Investasi besar termasuk pembelian tanah, peralatan pertanian, dan peralatan bersama dengan benih yang baik untuk hasil yang sehat. Pada awalnya, pengembaliannya tidak akan terlalu tinggi, namun seiring berjalannya waktu Anda akan mendapatkan penghasilan yang sehat dengan menjual produk pertanian. Pertanian organik adalah bisnis jangka panjang dan bank saat ini siap memberikan pinjaman untuk bisnis ini.

5. Peternakan

Sama seperti pertanian organik, bahkan peternakan bisa menjadi bisnis yang baik dan menguntungkan. Hewan ternak seperti sapi, ayam betina, kambing, dll dapat menjadi keuntungan yang signifikan. Investasi sebagian besar dalam bentuk pembelian hewan dan memberi makan mereka. Peternakan adalah bisnis yang menguntungkan dan produk sampingan dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Ini adalah salah satu peluang bisnis terbaik dan menguntungkan di kota kecil. Saya telah melihat pengusaha baru memulai bisnis peternakan dengan penuh antusiasme. Ini jelas membutuhkan investasi awal tetapi pengembaliannya tinggi. Baca lebih lanjut tentang rencana bisnis peternakan kambing.

Baca Juga : Wirausaha Jualan Mainan Anak

6. Bisnis Toko Bunga

Bunga sering diperlukan untuk acara, pernikahan, pertemuan keagamaan, dll. Oleh karena itu, memulai bisnis sebagai penjual bunga bisa menjadi ide yang bagus. Ini terutama membutuhkan dua tanggung jawab: harus ada pasokan bunga yang konstan dan pengiriman tepat waktu. Kedua faktor di atas terikat untuk mengatur bisnis Anda.

Pada awalnya, beberapa investasi diperlukan untuk memulai bisnis namun begitu modal yang diperlukan diinvestasikan, Anda pasti akan mendapatkan pengembalian yang baik atas investasi Anda.

7. Unit Manufaktur Skala Kecil

Bisnis manufaktur skala kecil seperti gelas kertas sekali pakai, piring, kantong kertas, dll dapat menjadi ide bisnis yang baik karena hal-hal ini selalu diminati.

Tidak memerlukan investasi besar, sebagian besar modal diinvestasikan dalam bahan baku dan sumber daya yang murah. Anda dapat mengatur untuk beberapa pelanggan yang baik dan setia yang selalu membutuhkan hal-hal ini dan bisnis Anda siap untuk bergulir. Pengiriman barang yang tepat waktu sangat penting bagi bisnis untuk berkembang.

8. Toko Pakaian

Pakaian adalah kebutuhan dasar manusia dan karenanya, itu akan selalu dianggap sebagai bisnis yang selalu hijau. Oleh karena itu, memiliki bisnis pakaian dapat benar-benar menguntungkan karena margin tinggi dalam bisnis ini. Berdasarkan persyaratan dan permintaan di area tertentu, seseorang dapat memiliki toko pakaian.

Seperti halnya bisnis lain, itu akan memerlukan investasi awal untuk mendirikan toko tetapi jika kualitas bahannya bagus maka Anda bisa mendapatkan banyak pelanggan. Selain itu, permintaan akan tinggi selama musim perayaan.

9. Kelas Pengembangan Keterampilan

Sama seperti lembaga pendidikan, kelas pengembangan keterampilan juga dapat menguntungkan. Kelas pengembangan keterampilan termasuk membuat barang-barang kerajinan tangan, barang-barang makanan seperti acar, makanan ringan dikemas, dll. Jika Anda benar-benar memiliki kualitas, Anda dapat melatih para wanita untuk membuat barang-barang tersebut dan menjualnya di pasar dengan harga yang baik.

10. Warnet dengan Fotocopy

Daerah pedesaan dan kota-kota kecil masih belum memiliki konektivitas internet yang tepat, jadi dalam hal ini, membuka warnet dapat menjadi ide bisnis yang bagus. Kafe internet sangat populer di kalangan anak muda dan biayanya biasanya setiap jam. Anda dapat memperoleh penghasilan yang baik berdasarkan jumlah pelanggan yang mengunjungi kafe. Anda dapat memulai bisnis ini di kota kecil hanya dengan empat komputer dan printer yang juga akan menangani pekerjaan pemindaian dan fotokopi.

Bisnis ini pasti akan membutuhkan investasi dalam bentuk komputer, koneksi internet, dll, tetapi seiring waktu pengembaliannya akan sama baiknya.

11. Bisnis e-commerce ke daerah pedesaan

Di dunia saat ini, e-commerce telah mendapatkan tempat yang signifikan. Dalam kasus seperti itu, merupakan ide bisnis yang baik untuk membawa e-commerce ke daerah pedesaan. Membeli dan menjual produk secara online dapat sangat bermanfaat dan Anda dapat memperoleh penghasilan yang baik dari itu. Mendirikan toko e-commerce yang menargetkan pelanggan kota kecil dapat menjadi tantangan dalam hal pengiriman produk dan pemasaran. Juga, banyak orang kota kecil takut transaksi online sehingga Anda harus mempertimbangkan COD untuk bisnis ini.

12. Layanan Servis Elektronik

Ini adalah ide bisnis yang sangat baik dan juga kreatif. Dalam bisnis ini, pada awalnya Anda dapat memberikan beberapa pelatihan online kepada orang-orang atau sumber daya dan kemudian mengambil berbagai proyek yang tersedia secara online. Ini dapat mencakup pekerjaan entri data, penulisan, atau bahkan pekerjaan teknis jika tim Anda memiliki keahlian dalam hal itu.

Ini membutuhkan investasi hampir nol tetapi keuntungannya tinggi. Dua faktor penting yang harus diingat adalah pelatihan yang baik dan pengetahuan di bidang elektronik.

13. Membuat Usaha Minimarket

Untuk segala jenis barang, minimarket adalah yang terbaik dan Anda dapat menemukan semua jenis produk di satu tempat yang sama. Biasanya, kota-kota kecil dan daerah pedesaan kekurangan fasilitas ini, dan karena itu memiliki minimarket dapat menjadi peluang bisnis besar yang akan tetap ada.

Ini pasti akan memerlukan beberapa investasi dan juga broker yang dapat memasok barang-barang yang dibutuhkan, namun, masih akan menghasilkan pengembalian yang baik dan juga akan ada sedikit atau tidak ada persaingan di bidang ini.

14. Layanan Ambulans Pribadi untuk Desa

Rumah sakit dan fasilitas medis harus menjadi yang terbaik walaupun itu adalah daerah pedesaan atau kota kecil. Oleh karena itu, layanan ambulans pribadi adalah ide bisnis yang hebat. Selain itu, nyaman bagi orang-orang untuk mencapai rumah sakit tepat waktu dan oleh karena itu ketergantungan selalu dibangun pada ambulans.

15. Bisnis Ekspor Buah dan Sayuran

Di daerah pedesaan, buah dan sayuran yang ditanam berkualitas tinggi dan sangat segar. Pertanian sayuran dan buah-buahan selalu diminati. Ini meletakkan platform untuk memulai bisnis ekspor di area ini. Ini akan memerlukan investasi untuk mudal awal, penyimpanan, dan pengiriman produk tetapi margin keuntungan sangat tinggi. Karena itu, bisa berubah menjadi bisnis yang menguntungkan.

16. Bisnis Makanan

Bisnis makanan dapat mencakup berbagai hal seperti memulai kedai kopi bersama dengan beberapa makanan ringan atau restoran lengkap. Kedua gagasan itu bisa memberi Anda penghasilan yang lumayan. Sementara membuka kedai teh atau kopi membutuhkan investasi minimal, sebuah restoran akan membutuhkan modal banyak.

Namun, sangat yakin tentang kualitas makanan yang dikirim dan harga untuk menarik pelanggan. Jika orang benar-benar menyukai makanan Anda maka bisnis Anda pasti akan berkembang dan akan bertahan.
Baca Juga : Bisnis Sampingan Kedai Kopi

17. Toko Elektronik

Menjual barang-barang elektronik seperti televisi, mesin cuci, lemari es, dll. Bisa menjadi bisnis yang sangat menguntungkan di kota kecil, biasanya, persentase keuntungan tinggi dalam produk ini.

Anda dapat menyimpan produk dari berbagai perusahaan termasuk yang lokal juga. Ini akan membutuhkan beberapa investasi awal tetapi Anda akan mendapatkan pengembalian yang baik untuk hal yang sama. Juga, Anda dapat memiliki bengkel juga untuk merawat produk yang rusak. Ini akan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan.

18. Usaha Cuci Mobil/Motor

Hanya perlu modal sedikit dan tanpa keahlian Anda sudah bisa membuaka usaha ini, tapi jangan salah keuntungan yang di dapat bisa berlipat-lipat jika Anda memberikan pelayanan yang baik. Bisnis ini sangat cocok jika di desa Anda masih minim yang membuka usaha ini apa lagi jika musim penghujan datang.

19. Konstruksi

Jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang pertukangan dan kayu, maka ini adalah usaha yang ideal untuk dikejar. Di daerah pedesaan, petani dan pemilik rumah mungkin tidak memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memasang bangunan (mis. Lumbung, kandang ayam, dll.) Yang mereka butuhkan untuk keperluan perumahan atau bisnis. Jadi, memulai perusahaan konstruksi kecil mungkin menjadi pilihan bisnis terbaik.

20. Salon dan Baebershop (Potong Rambut)

Membuka salon keluarga adalah pilihan tepat bagi orang-orang yang menawan, cantik, dan kreatif. Orang yang tinggal di daerah pedesaan mungkin tidak memiliki akses ke layanan profesional semacam ini, jadi ini adalah ceruk potensial untuk dieksploitasi.

Penutup
Semoga dari 20 ide usaha di atas dapat memberikan Anda sebuah pilihan untuk memulai bisnis saat ini. Hal yang perlu Anda pertimbangkan Adalah sasaran, modal dan tentunya ruang lingkup dimana Anda tinggal.